//
you're reading...
SD/SMP/SMA/SMK, Umum

ALPEKA – BOS


image004

Kemdikbud dan USAID Tingkatkan Akuntabilitas Penggunaan Keuangan Sekolah melalui ALPEKA

tampilan muka aplikasi bos Jakarta –Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bekerjasama dengan United States Agency for International Development (USAID) melalui program Prioritizing Reform, Innovation, and Opportunities for Reaching Indonesia’s Teacher, Administrators, and Students (PRIORITAS) mengembangkan perangkat lunak aplikasi pengelolaan dan pelaporan keuangan sekolah (ALPEKA) untuk memudahkan sekolah dalam pembuatan pelaporan penggunaan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah). Perangkat lunak ini mempermudah pihak sekolah dan masyarakat untuk melakukan pengadministrasian, pelaporan, dan meningkatkan transparansi dan akuntabilitas penggunaan dana BOS.

ALPEKA dapat mengadministrasikan dan melaporkan dana sekolah yang bersumber dari BOS Pusat dan semua sumber keuangan sekolah,” demikian kata Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Kemdikbud, Didik Suhardi, PhD. “Artinya semua sumber keuangan sekolah diadministrasikan dan dilaporkan secara terpadu. Dengan demikian, kasus-kasus dobel bayar bisa dihindari,” imbuhnya.

”Kemdikbud dan USAID mengembangkan perangkat lunak ini untuk mendukung transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan sekolah sehingga dapat meningkatkan mutu pembelajaran di kelas,” kata Direktur Program Pendidikan USAID Indonesia, Margaret Sancho.

Selama ini, banyak sekolah yang harus menyisihkan anggaran dana BOS untuk membeli perangkat lunak pembuatan pelaporan BOS dan pelatihannya seharga Rp 500 ribu – Rp 2 juta. Namun saat ini, ALPEKA dan panduan penggunaannya dapat diunduh secara gratis melalui situs www.bos.kemdikbud.go.id. Dengan begitu sekolah tidak perlu lagi membeli atau menghadirkan tenaga ahli untuk memanfaatkan perangkat lunak ini dan dana BOS dapat dimaksimalkan untuk peningkatan kualitas pembelajaran.

Perangkat lunak berbasis Microsoft Excel ini sangat informatif, mudah dijalankan, praktis, dan bermanfaat sehingga sekolah dapat mengelola dan melaporkan BOS dengan mudah. Untuk menjalankannya cukup membaca panduannya. ALPEKA dapat menghasilkan tabel BOS K-7A untuk diinput ke dalam laporan penggunaan dana BOS daring yang sudah disediakan di Kemdikbud dalam situs http://www.bos.kemdikbud.go.id.

Tim Manajemen BOS telah melakukan sosialisasi dan simulasi ALPEKA di Jakarta, Bandung, Solo, dan Makasar. Beberapa kabupaten/kota juga telah melakukan pembekalan bagi tim BOS daerah.

 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi Tim Manajemen BOS Pusat di 0-800-140-1299 (bebas pulsa), 021-5731070, 5725980, dan bos@kemdiknas.go.id; atau Mahargianto, Spesialis Tata Kelola dan Manajemen Pendidikan, USAID PRIORITAS di  08119720665 dan mahargianto@prioritas.or.id.

image002Penggunaan dana BOS yang akuntabel, efektif, dan efisien dapat mendukung kebutuhan pembelajaran aktif di kelas. Seperti yang dilakukan SDN Betro Sidoarjo, Jawa Timur. Sekolah  membudayakan pembelajaran aktif dengan dukungan dana BOS yang dioptimalkan untuk peningkatan kualitas  pembelajaran.

 

 

image003Kegiatan sosialisasi ALPEKA yang melibatkan para manajer BOS dan staf teknis di seluruh kabupaten/kota di Indonesia yang dipusatkan di empat region yaitu Jakarta, Bandung, Solo, dan Makasar pada Desember 2013-Januari 2014.

 

Diskusi

One thought on “ALPEKA – BOS

  1. Sistem ALPEKA ini bagus agar pengelolaan dana BOS di sekolah-sekolah dlm segala tingkatan menjadi akuntabel. Dan pastinya akan ada aplikasi utk itu. Tp…ada informasi, dana sertifikasi guru honorer PAUDNI di Cinere belum cair, dari tahun 2011 sampai 2013, bagaimana ini….Dan nasib guru honorer PAUDNI yg sudah bekerja sbg guru honorer selama 21 tahun-an lebih, apakah bisa ditingkatkan menjadi PNS penuh ? Apakah bisa otomatis, atau bagaimana caranya, mohon penjelasannya. Salam

    Posted by Muhamad Furkon, Sekretariat Dewan Pers, Jakarta | Januari 30, 2014, 2:46 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 205,869 hits
%d blogger menyukai ini: