//
you're reading...
Dinas P dan K, Umum

Larangan Pungutan Sekolah Dasar dan Menengah Pertama


PDKPURWOREJO.WORDPRESS.COM – Dengan dikeluarkan dan ditetapkannya Permendikbud RI Nomor 60 Tahun 2011 tentang LARANGAN PUNGUTAN BIAYA PENDIDIKAN PADA SEKOLAH DASAR DAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA, maka sekolah dasar maupun sekolah menengah pertama baik yang regular maupun yang (rincian) bertaraf internasional dilarang melakukan pungutan kepada siswa tanpa adanya persetujuan dari pihak yang berwenang  dengan prosedur yang telah ditetapkan dalam peraturan menteri tersebut.

Dalam Peraturan Menteri ini yang dimaksud dengan:

  1. Sekolah adalah satuan pendidikan penyelenggara program wajib belajar  yang meliputi Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama termasuk  Sekolah Dasar Luar Biasa, Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa, dan Sekolah Menengah Pertama Terbuka.
  2. Pungutan  adalah  penerimaan  biaya  pendidikan  pada  sekolah  yang berasal dari peserta didik atau orang tua/wali secara langsung maupun tidak langsung.
  3. Biaya  pendidikan  adalah  sumber  daya  keuangan  yang  disediakan dan/atau  diperlukan  untuk  menyelenggarakan  dan  mengelola pendidikan.
  4. Standar    nasional    pendidikan    yang  selanjutnya  disingkat  SNP  adalah  kriteria  minimal  tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  5. Menteri adalah menteri yang menangani urusan pemerintahan di bidang pendidikan dan kebudayaan.

Adapun Biaya pendidikan pada sekolah pelaksana program wajib belajar menjadi tanggung  jawab  Pemerintah  dan/atau  pemerintah  daerah  sampai terpenuhinya SNP yang dibiayai melalui bantuan operasional sekolah (BOS).

Sedangkan untuk sekolah swasta dalam permendikbud ini disebut dengan sekolah yang diselenggarakan oleh masyarakat tidak boleh memungut biaya operasional jika telah menerima bantuan operasional, jika dalam keadaan tertentu sekolah yang diselenggarakan oleh masyarakat akan melalukan pungutan maka harus melalui prosedur yang telah ditetapkan.

Dalam permendikbud ini juga menyoroti dan menggarisbawahi tentang sekolah rintisan bertaraf internasional (RSBI) dan sekolah bertaraf internasional (SBI) dalam PASAL 6 yaitu :

1)      Sekolah  dasar  dan  sekolah  menengah  pertama  yang  bertaraf internasional  tidak  boleh  melakukan  pungutan  tanpa  persetujuan tertulis dari Menteri atau pejabat yang ditunjuk.

2)      Sekolah  dasar  dan  sekolah  menengah  pertama  yang  dikembangkan menjadi  bertaraf  internasional  tidak  boleh  melakukan  pungutan  tanpa persetujuan tertulis dari bupati/walikota atau pejabat yang ditunjuk.

dan untuk Ketentuan  lebih  lanjut  mengenai  persetujuan pungutan  sebagaimana  dimaksud  dalam  Pasal  6  diatur  dengan  Peraturan Menteri tersendiri.

Diskusi

4 thoughts on “Larangan Pungutan Sekolah Dasar dan Menengah Pertama

  1. jaringan operator UPT,dan SD sangat mendukung, perlu diadakan pelatihan khusus.

    Posted by Kasmono | Februari 12, 2012, 1:41 pm
  2. Pungutan memang tidak perlu, tetapi orangtua siswa perlu diberi kempatan, kesadaran perlu ditumbuhkan agar pemeritah/pendidikan terbantu, anggaran pemerintah belum sampai pagar sekolah dan lain-lain,

    Posted by Kasmono | Februari 12, 2012, 1:50 pm
  3. karna tidak ada pungutan lagi tdk adanya ekstra sekolah di smp saya !!
    mohon ditindak lanjuti!!

    Posted by smp 6 purworejo | September 7, 2012, 3:30 pm
    • Dalam hal ini telah kami konfirmasi ke SMP N 6 Purworejo bahwa tidak adanya ekstra kurikuler di SMP N 6 Purworejo adalah tidak benar, bukan tidak ada namun dikarenakan anggaran kegiatan untuk ekstrakurikuler lumayan besar, maka jam ekstra yang dikurangi. (Ada namun sebagian ekstra belum dimulai)

      Posted by admin | September 12, 2012, 10:28 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 205,869 hits
%d blogger menyukai ini: