//
you're reading...
Umum

Nilai Ujian Dikhawatirkan Merosot


KLATEN, KOMPAS.com — Nilai ujian semester I siswa-siswi sekolah dasar yang terkena musibah letusan Gunung Merapi dikhawatirkan merosot. Hal itu terutama akibat terganggunya proses belajar mengajar selama murid dan guru berada di pengungsian.

Kepala SDN 2 Balerante, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Triyono, Jumat (10/12/2010), mengatakan, sejak Gunung Merapi meletus pada Oktober hingga November 2010, proses belajar mengajar tidak bisa berjalan normal sehingga guru dan siswa tidak bisa menjalankan kewajibannya secara maksimal.

“Bagaimana bisa normal kalau semua murid dan gurunya harus mengungsi?” kata Triyono.

Dia mengatakan, proses belajar mengajar di sekolahnya baru mulai aktif pada 25 November 2010. Namun, suasana belajar masih dihantui ancaman semburan awan panas dan bahkan kini mulai dilanda banjir lahan dingin.

“Sejak 25 November memang sudah aktif, kami berusaha keras untuk menutup ketertinggalan, namun tetap saja hasilnya kurang maksimal,” katanya.

Di sisi lain, dia menceritakan, kondisi bangunan gedung sekolah yang rusak di atas 75 persen juga menjadi kekhawatiran tersendiri. Menurutnya, hampir seluruh ruang kelasnya mengalami kerusakan, bahkan kayu-kayu dan plafon seakan siap runtuh.

“Kami belajar dalam suasana ketakutan karena sewaktu-waktu bangunan bisa runtuh,” katanya.

Secara terpisah, UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Kemalang, Klaten, mengkhawatirkan anjloknya nilai ujian semester anak-anak korban erupsi Gunung Merapi. Hal itu karena, menurut dia, anak-anak tersebut tidak mempunyai persiapan cukup untuk menghadapi ujian karena dilanda bencana.

“Kondisi anak-anak korban Merapi memang tidak siap dan mereka belajar tidak secara maksimal,” katanya.

Menurutnya, seharusnya ada kebijakan dari dinas pendidikan agar standar nilainya tidak disamakan dengan peserta ujian lain. “Minimal ada remedi (ujian ulang) karena kami khawatirkan hasil ujiannya menurun,” harapnya.

sumber : kompas.com

Diskusi

2 thoughts on “Nilai Ujian Dikhawatirkan Merosot

  1. assalamua’laikum

    untuk dinas pendidikan purworejo tolong tambah perhatian kalian untuk un 2011, karena beberapa sekolah ada yang persiapannya kurang matang, apalagi setelah tuc pertama kemarin

    Posted by fajar nurrachaman | Januari 22, 2011, 6:59 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 205,869 hits
%d blogger menyukai ini: