//
you're reading...
Kebudayaan

Bintek Wayang


Banyak yang tidak menyadari bahwa wayang memiliki kandungan nilai ajaran tata krama, kehidupan yang sangat tinggi. Kalaupun ada yang menyadari, masih sulit untuk mencari jalan dalam menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Berawal dari keprihatinan akan perlunya penerapan tata krama dan pelajaran kehidupan yang semakin lama semakin ditinggalkan, Bidang Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo pada tanggal 27 dan 28 Juli 2010 mengadakan kegiatan Bintek Budaya Wayang dengan mengambil tempat di Gedung Wanita Achmad Yani.

Kegiatan diikuti oleh 87 (delapan puluh tujuh) orang peserta. Yang terdiri dari wakil dari Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Pembukaan kegiatan diawali dengan laporan dari Kepala Bidang Kebudayaan Drs. H. Ery Prayitno, MM yang menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah :

1. Melestarikan budaya bangsa khususnya wayang yang saat ini sangat dibutuhkan bagi pembentukan karakter siswa pada umumnya.

2. Membangkitkan semangat cinta budaya bangsa melalui pembelajaran bagi generasi muda dan masyarakat pada umumnya dan khususnya pada para peserta didik.

3. Sebagai wahana pengembangan seni budaya.

Berkenan membuka kegiatan adalah Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, Drs. Bambang Aryawan, MM yang menyambut baik terselenggaranya kegiatan tersebut dan mengharapkan agar para peserta dapat menyerap materi dengan baik dan mampu mengaplikasikannya dalam memberikan pengertian budi pekerti.

Dalam kegiatan ini pemateri yang dihadirkan adalah diantaranya :

1. Martono (praktisi seni) membawakan materi Manusia Jawa dan Wayang serta Sejarah Wayang.

2. Mudji Waluyo, SPd. (Guru SMA N I dan Praktisi seni) membawakan materi Wayang dan Karakteristik Tokok-tokoh Wayang.

3. Suripto Wardani, S.Kar. (Praktisi seni) membawakan materi Wayang dan Seni Karawitan (Gamelan Jawa).

Yang cukup menarik pada kegiatan kali ini, sebelum pelaksanan penutupan ditampilkan pagelaran wayang dengan dalang wanita Diah Puspitaningrum, mahasiswi smester 6 (enam) Fakultas Bahasa Jawa Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Kegiatan ini ditutup oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan memberikan apresiasi kepada para peserta dan memberikan pesan-pesan diantaranya agar dunia wayang betul-betul menjadi tata tingkah laku yang patut di cermati dan dapat menjadi bahan pembelajaran di sekolah. Agar kelak para murid mendapatkan pemahaman bahwa wayang memiliki nilai-nilai yang baik dan layak menjadi tuntunan. Selain itu dengan memahami karakter wayang maka akan didapat rasa cinta terhadap budaya negeri sendiri.

sumber : budayapurworejo.blogspot.com

Diskusi

One thought on “Bintek Wayang

  1. Salut buat dinas Pendidikan dan Kebudayaan Purworejo yang telah dengan sadar untuk mengangkat kembali budayanya guna memberikan tauladan dan penanaman rasa cinta terhadap budaya sendiri yang Adi Luhung. dimana dalam kagiatan Bintek Budaya Wayang dilaksanakan penanaman tata krama dan memilih wayang sebagai sarananya. karena memang didalam wayang terkandung berbagai gambaran kehidupan orang Jawa, yang bila dilakukan penggalian sungguh sangat sarat dengan petunjuk-petunjuk hidup. Dari kata Wayang sendiri konon berarti Bayangan / “wewayangan” kurang lebih justru bayangan itu memberikan semacam ilustrasi bagaimana sebenarnya orang Jawa hidup di lingkungan masyarakat dengan berbagai seluk beluk peraturan yang harus dilakukan oleh kita sebagai orang jawa. saya kira sangat tepat bila sejak di usia dini kalau perlu saat masih anak2 perlu diberikan wawasan tentang wayang, agar kandungan filsafat yang ada dapat lebih terserap, sehingga tidak terasa pelajaran kehidupan yang ada pada pewayangan tersebut bisa dengan mudah dicerna.
    salut untuk penyelenggara, salam budaya.
    (orang Purworejo yang sekarang di Solo)

    Posted by heru santoso | Agustus 16, 2010, 2:14 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 205,869 hits
%d blogger menyukai ini: