//
you're reading...
Kebudayaan

KABUPATEN PURWOREJO DI GELAR SANG MERAH PUTIH 2010 TAMAN MINI INDONESIA INDAH


Tawaran Direktur Taman Mini Indonesia Indah yang memberikan kesempatan kepada Kabupaten Purworejo  untuk menjadi petugas dalam rangka Gelar Sang Merah Putih di Taman Mini Indonesia Indah di tangkap oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Purworejo  dengan bersedia dan mempersiapkan diri untuk kegiatan tersebut.

Kegiatan ini di masa lalu memiliki nama “GELAR SENJA”. Namun ketika penggagas Gelar Senja (Ibu Tien Soeharto) wafat, kegiatan tersebut ikut meredup dan akhirnya tidak dilaksanakan sama sekali. Kwarnas dan TMII berupaya menghidupkan kembali kegiatan tersebut dengan tujuan utama untuk memupuk nilai-nilai kebangsaan dan patriotisme. Telah 4 (empat) kali kegiatan tersebut diadakan. Semua peserta dari kabupaten / kota area Jabodetabek.  Yang ke 5 (lima) / Kabupaten Purworejo adalah kabupaten/kota pertama di Indonesia dari luar Jabodetabek yang “berani” untuk mengikuti kegiatan ini.

Untuk mempersiapkan kegiatan tersebut, Pemerintah Kabupaten Purworejo  melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  bekerjasama dengan Kwarcab Purworejo mengadakan perekrutan peserta, pelatihan, gladi serta pemberangkatan dan pelaksanaan. Pelatihan bertempat di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, SMP 24, SMP 1, SMP2, SMA 7, Sanggar Bakti Pramuka dan beberapa sekolah lain, Gladi kotor bertempat di alun-alun Purworejo dan Gladi Bersih di lokasi pelaksanaan, Plaza Tugu Api Pancasila TMII.

Sedangkan pelepasan kontingen sejumlah + 156 (seratus lima puluh enam) orang dilaksanakan pada tanggal 16 Juni 2010 bertempat di Pendopo Kabupaten Purworejo oleh bapak Wakil Bupati Purworejo yang dihadiri oleh Ketua DPRD, Kabag. Kesra, Pimpinan Bank Jateng Cabang Purworejo, para Ketua MKKS serta segenap tamu undangan dan para orang tua siswa.

Dalam laporannya Drs. H. Ery Prayitno, MM mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menyampaikan tujuan kegiatan untuk :

Pertama : memupuk dan memperkuat rasa patriotisme di kalangan pemuda / siswa, Kedua : mengenalkan seni budaya dan kemampuan Pramuka Kabupaten Purworejo di tingkat nasional, Ketiga : sebagai bukti nyata kepedulian Pemerintah Kabupaten Purworejo dalam menjaga, mengembangkan dan melestarikan seni budaya dan memberikan perhatian serta kesempatan kepada siswa / generasi muda untuk ber-apresiasi dan menunjukkan ketrampilan serta kemampuannya, Keempat : memberikan wahana apresiasi masyarakat luas (tingkat nasional) terhadap seni dan budaya yang ada di Kabupaten Purworejo.

Dalam sambutannya Bapak Wakil Bupati memberikan pesan-pesan kepada para peserta untuk selalu menjaga nama baik daerah, memberikan kemampuan terbaik di laga tingkat nasional serta tak lupa beliau menyambut baik terlaksananya Gesang Merapih 2010 oleh putra-putri Kabupaten Purworejo.

Begitu sampai TMII, setelah istirahat rombongan langsung mengadakan orientasi dan gladi resik. Sebelum gladi dimulai di TMII, rombongan diterima oleh Koordinator Museum-museum TMII Arief Djoko Budiono, Endy R. Atmasulistya dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Waluyo dari Kwarcab Jakarta Timur serta  jajaran pejabat TMII dan Kwarcab Jakarta Timur  lainnya.

Setelah semalam beristirahat, pada pagi harinya atau pada hari Jumat tanggal 18 Juni 2010 pada kurun waktu         mulai jam 07.30 WIB hingga pukul 18.00 WIB dilaksanakan kegiatan dengan rangkaian sebagai berikut :

Kegiatan :

  1. Upacara Bendera.
  2. Jelajah TMII (diisi dengan acara kunjungan ke beberapa lokasi di TMII).
  3. Diskusi hasil jelajah.
  4. Pementasan Tari Dolalak dengan iringan langsung / live.
  5. Peragaan Ketrampilan Pramuka.
  6. Upacara Penurunan Bendera.

Kontingen dari Purworejo kembali pada tanggal 18 Juni 2010 sore dan sampai di Kabupaten Purworejo  pada 19 Juni pagi.

Semoga dengen kegiatan ini membuat lebih dikenalnya kesenian tradisional Dolalak dari Kabupaten Purworejo dan ketrampilan putra-putri Purworejo di tingkat nasional.

Diskusi

7 thoughts on “KABUPATEN PURWOREJO DI GELAR SANG MERAH PUTIH 2010 TAMAN MINI INDONESIA INDAH

  1. salam pramuka purworejo

    Posted by nk.suyono | Juni 21, 2010, 4:26 pm
  2. Kami sangat bangga bahwa kab Purworejo ikut ambil bagian dalam acara tersebut semoga momentum ini dapat memberkan hikmah pada generasi muda bahwa semangat merah putih harus selalu berkobar di dada generasi muda purworejo dan semangat persatuan harus selalu dijaga demi utuh dan damainya bumi Purworejo yang Adem Ayem Tentrem. Dari momentum itu pula menggarisbawahi bahwa di Kab Purworejo adalah daerah yang telah memiliki karakter budaya luhur dengan tari Ndolalak nya. Kami segenap Keluarga Besar SMP N 27 Purworejo sangat apresiatif terhadap kegiatan tersebut dan memberikan inspirasi bagi kami yang di daerah untuk ikut mengembangkan karakter budaya maka dari itu Talk Line kami SMP N 27 adalah ” SEKOLAH BERKARAKTER BUDAYA LOKAL AKSES GLOBAL ” salam Pramuka

    Posted by agus wiwoho suryo | Juni 22, 2010, 7:56 pm
  3. Selamat dan Sukses untuk “Kabupaten Purworejo di Gelar Sang Merah Putih 2010 Taman Mini Indonesia Indah” semoga memotivasi dan memacu kreativitas khususnya Pendidikan Karakter Generasi Muda. Salam.

    Posted by Riyadi | Juni 22, 2010, 9:25 pm
  4. Mantap..
    Semoga Purworejo makin maju..

    Posted by dhanee pituruh | April 24, 2012, 1:03 pm
  5. slmat bwt Purworejo,,
    sya slah atu pserta yang ikut dlam tari dolalak tersebut,,
    apakah dokumen yang lain fto2ny msih ada?? tlong dishare bwt knang2an,, mksih

    Posted by fauziah dian safitri | Mei 29, 2012, 7:57 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 205,869 hits
%d blogger menyukai ini: