//
you're reading...
SD/SMP/SMA/SMK

Progam Kantin Sehat


Sesuai surat dari KeMenDiknas nomor 284/A9./LL/2010 perihal Pembinaan Keamanan Jajanan Anak Sekolah, akan diadakan penataan kantin sehat di sekolah dengan pemberian Blook Grant, serta penyuluhan/bimbingan teknis kepada sekolah, guru dan pengelola kantin  yang ada di sekolah.

Salah satu indikator sekolah sehat adalah adanya ‘kantin sekolah sehat’ yang memenuhi standar kesehatan, baik di tingkat SD, SMP, maupun SMA atau SMK. Sekolah sehat berkewajiban untuk menyediakan kantin sehat, sebagai sarana pendukung belajar bagi peserta didik untuk mencapai prestasi yang optimal, serta senantiasa berperilaku hidup bersih dan sehat. Keberadaan kantin sekolah memberikan peranan penting karena mampu menyediakan ± ¼ konsumsi makanan keluarga dikarenakan keberadaan peserta didik di sekolah yang cukup lama.

Berkenaan dengan hal tersebut maka pada tahun 2010 ini, Kementrian Pendidikan Nasional melalui Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani kembali melakukan program pembinaan terhadap masalah keamanan pangan jajanan anak sekolah, termasuk penataan kantin sekolah sehat, serta penyuluhan/pelatihan tentang keamanan pangan jajanan anak sekolah pada beberapa sekolah di beberapa sekolah dan beberapa Kab/Kota dari beberapa propinsi yang dipilih dalam rangka mewujudkan “Kantin Sehat” di sekolah yang dapat menjadi percontohan bagi sekolah lain di Indonesia.

Salah satu Kabupaten yang terpilih adalah Kabupaten Purworejo yang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bidang Pendidikan Non Formal Pembinaan Pemuda Olahraga dan Seni Budaya, mengusulkan 8 Sekolah yang berupa SD (4), SMP (2), SMA/SMK (2) yang setelahdiseleksi ulang menyusut menjadi 5 Sekolah yang berupa SD (3), SMP (1), SMA/SMK (1).

Pada hari ini Selasa 11 Mei 2010, akan diadakan bimbingan teknis di Hotel Ganesha  yang diikuti oleh peserta dari unsure Kepala Sekolah, Pengelola Kantin, dan Komite Sekolah dari Sekolah yang telah dipilih.

Selain Bimbingan, Sekolah yang terpilih mendapatkan Blook Grant ( Bantuan Dana ) sebesar 25 juta tiap sekolah. Semoga dengan dijalankannya program ini, sekolah yang terpilih mampu meningkatkan pelayanan kesehatan yang mampu menunjang prestasi peserta didik dengan lebih optimal.

Diskusi

Belum ada komentar.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Blog Stats

  • 140,475 hits
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 909 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: